Begini Proses Verifikasi Google Adsense Sebelum Pencairan Gaji

Begini Proses Verifikasi Google Adsense Sebelum Pencairan Gaji. Jika kita seorang content writer atau content creator, mungkin sudah tidak asing dengan istilah “Google Adsense“. Apalagi jika sudah berkecimpung di dunia internet, khususnya sebagai blogger atau youtuber.

Saat ini tidak sedikit orang yang tertarik dan mulai menekuni menjadi seorang content writer atau content creator. Apalagi dengan di tambahnya kemajuan yang begitu pesat pada perkembangan dunia teknologi dan internet. Kegiatan ini seakan sudah di jadikan sebagai pekerjaan sampingan bahkan sampai pekerjaan utama sekali pun.

Pengertian Singkat Google Adsense Dan Cara Memperoleh Penghasilan Dari Adsense

Begini Proses Verifikasi Google Adsense Sebelum Pencairan Gaji

Kemudian kita mungkin bertanya, apa hubungannya pekerjaan menjadi content writer atau content creator dengan google adsense? Untuk yang belum tahu Apa itu google adsense? Jadi secara singkat ini merupakan program periklanan melalui media internet yang di buat google.

Google adsense merupakan sumber penghasilan dari para content writer atau content creator yang sudah tergabung ke dalam jaringan adsense sebagai publisher yang telah di setujui sesuai syarat dan ketentuan google. Artinya kita yang memiliki situs web atau youtube yang sudah termonetisasi bisa mulai menghasilkan uang dengan menampilkan sebuah iklan dari google.

Baca Juga: Trafik Gratis Dari Website Untuk Meningkatkan Visitor

Misalnya kita sebagai content writer yang memiliki sebuah situs web, kita bisa mendaftarkan situs web kita untuk bisa menjadi publisher adsense. Kemudian jika proses verifikasi situs web kita sudah di setujui oleh google. Kita bisa memasang kode iklan yang di sediakan google dan mulai menampilkan iklan dari google ke dalam situs web kita.

Dari iklan inilah para content writer yang memiliki situs web bisa mulai menghasilkan uang dari iklan yang di tampilkan pada situs web mereka.

Tahap Proses Verifikasi Google Adsense Sebelum Pencairan Gaji

Sebelum nantinya google melakukan pencairan gaji ke rekening pemiilik situs web, ada beberapa tahap proses verifikasi yang harus di lakukan. Mulai dari Pencapaian ambang minimal batas pembayaran, verifikasi nomor rekening pembayaran, Data Pribadi dan PIN Adsense untuk verifikasi alamat rumah.

Ambang Pembayaran Adsense

Pencairan Gaji Adsense

Google akan melakukan Pencairan Gaji kepada pemilik situs web jika sudah mencapai ambang pembayaran sekitar Rp 1,3 juta (Wilayah Indonesia) atau sesuai pengaturan pencairan. Artinya kita harus mengumpulkan saldo penghasilan terlebih dahulu dari iklan yang kita pasang di situs web atau youtube. Hingga mencapai ambang batas pembayaran adsense yang telah di tetapkan oleh google.

Barulah nantinya google bisa mencairkan penghasilan google adsense yang kita dapatkan dari hasil menjadi publisher adsense.

Proses Verifikasi Rekening bank Pembayaran Adsense

Rekening Gaji Google Adsense

Kita bisa memasukkan nomor rekening bank untuk menerima pembayaran adsense dari google setelah saldo adsense yang kita dapatkan sudah ada minimal Rp 150 ribu. Artinya jika kita belum mendapatkan saldo minimal sebesar Rp 150 ribu dari hasil iklan, menu untuk memasukkan rekening bank untuk pembayaran biasanya tidak akan muncul.

Jika menu metode pembayaran sudah muncul, kita bisa memasukkan nomor rekening bank yang kita miliki. Ada banyak pilihan bank yang di dukung google dan bank tersebut beroperasi di indonesia, seperti bank BCA, bank Mandiri, Bank BRI, bank BNI, bank Permata dan masih banyak lainnya.

Setelah memasukkan nomor rekening bank biasanya google akan memverifikasi rekening bank tersebut. Proses verifikasinya cukup unik, google akan mengirimkan sejumlah saldo kecil kepada rekening bank yang kita input di dalam menu metode pembayaran adsense sebagai percobaan.

Biasanya sejumlah saldo kecil yang di kirimkan google akan masuk ke rekening kita sekitar 2-3 hari kerja. Jumlah saldo kecil inilah yang nantinya di gunakan untuk proses verifikasi nomor rekening. Jadi di sini usahakan tidak ada kesalahan saat input nomor rekening bank pada metode pembayaran adsense.

Disini saya menggunakan bank Permata sebagai metode pembayaran, dan dalam waktu 1 hari sejumlah saldo kecil tersebut sudah masuk ke rekening bank.

Baca Juga: Tentang Aplikasi Google News

Proses Verifikasi Data Pribadi Google Adsense

Konfirmasi Data Pribadi Adsense

Jika proses verifikasi rekening bank sudah kita lakukan, maka selanjutnya google akan melakukan verifikasi data pribadi kita. Kita akan di kirim email oleh google untuk melakukan verifikasi. Dan proses verifikasi ini kita di minta untuk mengupload kartu identitas pribadi.

Seperti misalnya KTP, SIM, Dan Paspor, pilih salah satu. Biasanya proses verifikasi ini tidak memakan waktu, kurang dari 1 hari sudah mendapatkan email kembali bahwa data identitas sudah terverifikasi. Namun pada saat upload, usahakan photo tersebut jelas, terbaca, dan tidak ada buram.

Proses Verifikasi Alamat Dengan Mengirimkan PIN Google Adsense

Proses Verifikasi Alamat Dengan Mengirimkan PIN Google Adsense

Mungkin ini proses verifikasi yang sering adanya kendala yang terjadi dari beberapa teman-teman blogger. Karena biasanya google akan mengirimkan sebuah PIN Adsense ke alamat yang telah kita daftarkan pada menu adsense melalui kantor POS. Untuk detail masalahnya saya pun kurang tahu, apakah alamatnya salah, sulit di jangkau atau ada hal lainnya.

Proses pengiriman ini cukup memakan waktu sekitar 2-4 minggu semenjak PIN adsense di kirim oleh google. Dan biasanya akan semakin lama jika alamat tujuan berada di pelosok, bahkan sering terjadi kegagalan pengiriman.

Sebelumnya kita akan mendapatkan konfirmasi berupa email dari google, untuk melakukan verifikasi alamat tempat tinggal kita yang terdaftar pada google adsense. Selama kita belum melakukan verifikasi alamat dengan PIN Adsense maka pembayaran saldo adsense akan di tangguhkan sementara.

Dan catatan Penting dari Google bahwa: Iklan akan berhenti ditayangkan jika kita tidak menggunakan PIN ini untuk memverifikasi alamat kita dalam waktu 4 bulan dari tanggal pengiriman PIN.

Dari pengalaman saya pribadi PIN sampai sekitar 4 minggu, terhitung dari pertama kali google mengirimkan konfirmasi ke email bahwa PIN google adsense sudah di kirim pada tanggal 06 september 2021 dan saat ini PIN tersebut saya terima pada tanggal 04 Oktober 2021.

Baca Juga: Stadia Platform Game Google

Proses Memasukan PIN Di Akun Adsense

Menu Input PIN Adsense

Setelah PIN kita terima, langkah selanjutnya adalah memasukan PIN tersebut ke akun adsense yang kita miliki. Biasanya akan muncul di halaman beranda adsense untuk memasukan PIN tersebut. Jika PIN yang kalian masukan benar maka akan muncul keterangan seperti gambar di bawah!.

PIN Adsense Sukses Verifikasi

Tips Untuk Proses Verifikasi Google Adsense

  • Untuk memproses verifikasi rekening pembayaran, usahakan menggunakan bank lokal yang sudah bernama, seperti BCA, MANDIRI, BRI, BNI, PERMATA dan lainnya. (Disini saya menggunakan bank permata, Alhamdulillah cukup cepat)
  • Usahakan Bank tesebut atas nama kita sendiri dan memiliki data sesuai KTP.
  • Agar lebih memudahkan proses pengecekan apakah saldo percobaan dari google sudah masuk atau belum? Usahakan kita sudah mendaftar sms banking, mbanking atau internet banking. Sehingga tidak perlu bolak-balik mengunjungi mesin ATM atau bank.
  • Saat proses verifikasi data pribadi, usahakan kita mengupload KTP atau identitas lainnya yang di minta google dalam keadaan jelas. Artinya foto yang kita upload seperti foto, no ktp, alamat tidak buram, blur atau lainnya.
  • Tunggu PIN adsense untuk verifikasi alamat dengan sabar, seperti yang di jelaskan google, setidaknya membutuhkan waktu 2-4 minggu.
PIN Adsense
Begini Proses Verifikasi Google Adsense Sebelum Pencairan Gaji
Previous Post

No more post

Begini Proses Verifikasi Google Adsense Sebelum Pencairan Gaji
Next Post

No more post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *