Cara Memilih Charger HP Yang Berkualitas

Cara Memilih Charger HP Yang Berkualitas – Komponen pendukung utama ketika memiliki sebuah Handphone adalah Charger. Apa lagi jika kalian memiliki sebuah HP yang menggunakan baterai berkapasitas besar, jika tidak di imbangi dengan charger yang memadai sudah pasti pengisian daya nya akan memakan waktu sangat lama.

Untuk itu memilih sebuah charger juga penting untuk bisa mendukung penggunanan HP yang memang saat ini di pasaran sudah banyak yang menggunakan baterai berkapasitas besar.

Itulah kenapa biasanya beberapa charger bawaan HP akan menyesuaikan kemampuan pengisian daya dari HP itu sendiri. Terlebih lagi salah satu fitur yang kini sedang ramai di andalkan adalah adanya fast charging yang akan mendukung kemampuan dalam pengisian daya baterai HP menjadi cepat terisi.

Baca Juga : Cara Memilih Layanan Terbaik Internet Rumah

Namun bagaimana jika sewaktu-waktu Charger bawaan HP tersebut rusak atau hilang? sudah di pastikan kalian mau tidak mau harus menggantinya dan membeli yang baru. Namun pembelian charger yang asal-asalan tentu saja akan membahayakan smartphone kalian. Bisa saja terjadi adapter atau adapter yang tidak jelas asal-usulnya yang kalian dapatkan bukannya mengisi daya malah membuat HP kalian menjadi rusak.

Beberapa Cara Memilih Charger HP Yang Berkualitas

Cara Memilih Charger HP Yang Berkualitas

1. Tidak Membeli Yang Asal Murah

Kebanyakan orang akan memilih charger dengan harga yang murah, padahal membeli charger yang murah sudah pasti harus di pertanyakan asal-usulnya dan apakah kualitasnya terjamin.

Mungkin saja charger tersebut bisa cepat mengalami kerusakan, atau malah bisa membuat ponsel anda menjadi rusak malah membuat kalian semakin tekor. Lebih baik di sarankan membeli charger dengan asal-usul yang jelas walaupun terbilang cukup mahal namun kualitasnya sudah terjamin.

2. Memeriksa Tegangan

Daya pengisian akan di dasarkan pada tiga hal yaitu daya/power (P) di ukur Watt, arus (I) di ukur amp atau milimeter, dan tegangan (V) di ukur volt. Dan jumlah daya akan ditentukan oleh persamaan P = IV. Yang artinya daya adalah produk dari arus yang di kalikan dengan tegangan. Hal ini biasanya bisa kalian temukan di kemasan charger dan info lainnya bisa kalian temukan pada kepala charger. Karena charger yang baik memiliki keterangan tegangan pada bagian kepalanya.

3. Memeriksa Teknologi Pada Pengisian Daya Pada HP

Ditiap HP biasanya mempunyai standar pengisian daya yang berbeda-beda Ada Quick Charge, VOOC, Super Charge, Adaptive Charge, dan lain sebagainya. Agar fitur tersebut bisa di pakai tentunya kalian juga harus mencari charger yang mendukung standar-standar tersebut.

4. Membaca Keterangan Charger

Input – biasanay di artikan sebagai tegangan listrik yang akan bekerja pada charger tersebut. Contohnya, jika sebuah input menunjukkan 100-240V – Frekuensi 50-60Hz 0,35 A. yang berarti charger terebut bisa di gunakan dalam tegangan listrik di antara 100-240 Volt. dan biasanya Standar arus listrik di Indonesia adalah 220V dan frekuensi 50Hz.

Output – Selain input tentu ada output, yang biasanya ada dalam keterangan juga. Contohnya jika output menunjukkan angka 5.0V , 2.0 A yaitu memiliki arti daya yang di hasilkan atau yang akan masuk pada Hp tersebut adalah memiliki tegangan 5 Volt dengan arus 2 Ampere. Output biasanya menunjukkan voltase yang telah di ubah dari input yang ada. Dalam contoh tersebut input 100-240 Volt menjadi 5.0V atau 2.0 A.

Untuk lebih jelasnya silakan kalian bisa mencari dan membaca nya lewat google.

Baca Juga: Cara Mengganti Wallpaper Aplikasi Whatsapp

5. Mengecek Fitur Yang Ada

Hal yang tidak kalah penting dalam membeli charger adalah kalian harus memahami fitur-fitur yang ada di dalam charger tersebut. Jika Hp kalian memiliki dan mendukung fitur fast charger maka kalian pun bisa menyesesuaikan charger yang akan kalian beli memiliki fitur fast charger juga, agar pengisian daya bisa kompatibel dan pengisian daya bisa lebih cepat. Fitur ini sudah banyak dan mudah di temukan di pasaran 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *