Cara Merawat Daya Tahan Baterai Laptop

Cara Merawat Daya Tahan Baterai Laptop

Cara Merawat Daya Tahan Baterai Laptop  – Seperti yang kita tahu saat ini dunia teknologi sudah berkembang dengan pesat salah satunya adalah Laptop, Saat ini laptop menjadi salah satu barang yang banyak di gunakan untuk menemani keseharian. Selain mudah di bawa kemana pun, banyak juga hal yang bisa kita lakukan dengan laptop.

Seperti contohnya untuk kegiatan belajar, bekerja, mendengarkan musik, menonton, bermain game dan lain sebagainya. Namun, salah satu komponen yang berperan penting pada laptop adalah baterai. Maka dari itu di sinilah pentingnya agar kita bisa Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet.

Untuk saat ini laptop keluaran terbaru mungkin sudah menggunakan sistem baterai tanam dan baterai yang dapat di lepas mungkin sudah banyak di tinggalkan oleh pengembang laptop karena hanrganya yang cukup tinggi di bandingkan dengan baterai yang di tanam.

Untuk faktor tahan lama atau awetnya baterai laptop pun tidak semata-mata karena kualitasnya saja, melainkan di pengaruhi juga oleh pengguna atau bagaimana perawatannnya.

Baca Juga: Mengatasi Lupa Pola Kunci HP Android

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Kadangkala pengguna laptop sering mengabaikan atau tidak mengetahui untuk melakukan perawatan baterai laptop. Yang sebenarnya sama dengan komponen lain yaitu mempunyai masa pakai, yaitu akan bertahan lama jika memang perawatannya di lakukan dengan benar, Nah berikut beberapa cara untuk melakukan perawatan baterai laptop agar awet dan tahan lama.

1. Hindari Baterai Menjadi 0%

Didalam perangkat laptop saat ini sudah dibekali dengan alarm atau sebuah pengingat daya baterai. Ketika pengingat tersebut sudah aktif sebaiknya segera melakukan pengisian daya baterai, Jangan sampai digunakan habis hingga benar-benar sampai 0%.

Pada umumnya beberapa pakar menyarankan untuk mengisikan baterai ketika daya baterai sudah mencapai minimal 50% hingga 70% sebelum nantinya di lakukan pengisian ulang.

2. Segera Cabut Jika Pengisian Baterai Sudah Penuh

Banyak orang yang lalai ketika melakukan pengisian daya baterai di mana sebenarnya baterai tersebut sudah penuh 100%, namun melupakan untuk segera mencabut kabel charger dari laptop tersebut. Justru hal ini akan sia-sia karen laptop sudah tidak membutuhkan tambahan daya lagi, hasilnya jika baterai di isi daya secara terus menerus justru akan mengurangi usia pakai baterai laptop itu sendiri.

3. Usahakan Suhu Laptop Tetap Dingin

Memang kita tidak bisa menghindari suhu panas ketika menggunakan laptop tersebut. Namun sebenarnya untuk merawat baterai laptop agar awet salah satunya adalah dengan menjaga suhu laptop agar tetap dingin atau tidak panas. Maka dari itu sebaiknya hindari menggunakan laptop di atas bantal atau pun kasur. Dan jika di perlukan sebaiknya gunakanlah kipas atau cooler laptop sebagai tambahan untuk menghilangkan panas pada laptop.

4. Mengatur Pencahayaan Layar Laptop

Semakin terang layar laptop yang menyala maka semakin banyak juga mengkonsumsi daya baterai di bandingkan dengan layar redup. Jadi sebaiknya kita sudah melakukan pengaturan mengenai pencahayaan pada layar laptop, hal tersebut menjadi salah satu cara untuk membuat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Namun, tetap harus di sesuaikan dengan situasi dan kondisi pada masing-masing orang.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android

5. Menggunakan Adaptor Asli

Dikarenakan baterai menjadi komponen penting, maka sebaiknya kita harus lakukan juga terhadap adaptor untuk pengisiannya yang sebaiknya kita gunakan selalu yang asli. Ketika adaptor bawaan laptop tersebut telah rusak maka sebaiknya untuk membeli pengganti adaptor dengan yang asli.

Hal ini di lakukan untuk menghindari adanya kebocoran daya baterai ketika di lakukan pengisian. Jika terjadi kebocoran daya baterai otomatis akan menimbulkan kerusakan pada komponen laptop lainnya.

Itulah 5 Cara Merawat Daya Tahan Baterai Laptop Agar Awet yang mungkin bisa kita terapkan saat ini juga. Agar terhindar dari baterai laptop cepat mengalami kerusakan dan usia pakainya menjadi lebih singkat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *