Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android

Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android – Apakah kalian pengguna smartphone android? Apakah kalian pernah mengalami Memori Ponsel Android kalian penuh? Jika ya, Jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas Tentang Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android.

Mungkin sudah banyak pengguna smartphone android yang mengalami kendala bahwa ponsel mereka mengalami penuh memori. Memang hal tersebut tidak bisa dihindari, karena memori layaknya otak pada manusia yang breguna untuk menyimpan data atau file-file ponsel. Semakin kita banyak menggunakan ponsel tersebut untuk kegiatan rutinitas sehari-hari tentu saja semakin banyak juga data yang akan tersimpan pada memori ponsel tersebut.

Kendala yang sering dialami ketika memori ponsel penuh biasanya adalah terjadinya lemot atau lag. Perlu diketahui juga memori ponsel saat ini terbagi menjadi dua jenis yaitu memori internal dan eksternal. Di mana memori internal adalah bawaan dari ponsel itu sendiri yang biasanya memiliki kapasitas penyimpaan yang terbatas sesuai spesifikasi ponsel.

Sedangkan memori eksternal adalah memori tambahan yang disematkan sifatnya bisa digonta-ganti atau copot-pasang sehingga kita bisa mengupgrade berapa besar kapasitas penyimpanan yang kita inginkan.

Baca Juga: Menghemat Kuota Internet Saat Meeting Dan Elearning

Karena sifatnya yang terbatas, memori internal inilah yang sering mengalami memori penuh karena biasanya memang akan digunakan oleh sistem sebagai media penyimpanan utama untuk data-data pada aplikasi. Lalu Bagaimana Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android? berikut:

Cara Mengatasi Memori Penuh Handphone Android

Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android

1. Selalu Membersihkan Cache

Buat kalian yang mengalami memori penuh coba cek cache pada ponsel kalian lalu runtinlah untuk membersihkannya. Cache sendiri adalah berisi data-data yang sudah tidak terpakai atau kalau biasa di PC namanya Recycle Bin. Bagaimana caranya?

Silakan masuk ke Menu Pengaturan>> kemudian pilih Manajemen Aplikasi >> Daftar Aplikasi >> Pilih Aplikasi yang di rasa banyak sampah nya >> Pilih Pengguna Penyimpanan >> Kemudian Hapus Cache.

2. Tidak Install Aplikasi Berat

Pengguna ponsel android tentu tidak akan asing dengan yang namanya playstore. Yaitu tempat di mana kita bisa mengunduh berbagai aplikasi yang di butuhkan. Namun sayangnya tidak sedikit orang menyadari atau melihat tentang berapa kapasitas memori yang di butuhkan untuk menginstall aplikasi tersebut. 

Hasilnya jika kita melakukan installasi aplikasi yang berat memori internal kita pun akan habis sebagai media penyimpanan dari sistem aplikasi tersebut. Jadi di sarankan untuk kalian yang ingin menghemat memori ponsel usahakan tidak menginstall aplikasi yang berat memiliki ukuran file yang besar.

3. Cadangkan Ke Memori Eksternal

Memori internal yang penuh biasanya karena banyaknya aplikasi-aplikasi yang di install dan melakukan penyimpanan secara otomasti oleh sistem di memori internal. Nah untuk mengatasi hal ini kalian bisa melakukan uninstall aplikasi yang di rasa tidak terlalu penting. Atau bisa juga dengan memindahkannya ke memori eksternal yang mungkin kapasitas penyimpanannya besar dan masih kosong.

Silakan buka Menu Pengaturan >> Pilih Setelan Tambahan >>  Pilih Management Aplikasi >> Pilih Aplikasi Terinstall yang ingin di pindahkan >> Pilih opsi pindahkan ke Memori Eksternal (SD Card).

Baca Juga: Cara Memilih Charger HP Yang Berkualitas

4. Menyatur Penyimpanan Foto Kamera

Hampir semua orang menggunakan ponsel untuk mengambil sebuah gambar atau foto. Dan tanpa di sadari juga bahwa foto yang mereka ambil memakan banyak tempat di memori internal mereka, sehingga menyebabkan memori penuh. 

Hal ini bisa kita cegah dengan cara mengubah penyimpanan dari foto yang di hasilkan kamera tersebut, dari memori internal ke memori eksternal (SD Card). 

Silakan buka Aplikasi Kamera >> kemudian masuk ke Menu Setting >> Ganti lokasi penyimpanan dari internal ke SD Card.

5. Tambahan Whatsapp

Mungkin saat ini aplikasi whatsapp menjadi salah satu aplikasi yang banyak di gunakan pada ponsel android, aplikasi whatsapp sendiri adalah aplikasi pengirim pesan text, gambar, animasi, video, dokument dan lainnya. Dengan banyak nya kegunaan fitur tersebut menjadikan aplikasi whatsapp banyak menggunakan ruang penyimpanan.

Maka dari itu hal yang bisa kita cegah agar memori internal ponsel kita tidak habis. Usahakan mematikan menu auto download dari media whatsapp. Karena jika tidak di matikan maka ketika ada orang yang mengirim file akan terdownload otomatis dan melakukan penyimpanan ke memori internal ponsel kita. 

Atau cara lain yang bisa di gunakan adalah dengan cara membackup chat atau file otomatis ke google drive. Sehingga nantinya tidak perlu khawatir ketika memori internal pada ponsel penuh kita bisa menghapusnya. Dan jika ada file yang ingin kita buka kembali tinggal buka google drive sehingga data yang tersimpan tidakakan hilang.

Itulah 5 Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh Pada Ponsel Android. Semoga dengan membaca step by step dan melakukannya memori kalian tidak akan penuh lagi. Sehingga ponsel kalian tidak mengalami lemot atau lag yang di akibatkan memori internal penuh.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *