Pencurian Data HP Android, Ini Cara Mencegahnya

Pencurian Data HP Android, Ini Cara Mencegahnya

Pencurian Data HP Android – Mungkin saat ini Android telah merajai pasar HP di dunia. Karenakan kecanggihan serta fiturnya yang terus berkembang serta di dukung berbagai aplikasi menarik, membuat semua orang menggunakannya.

Semakin banyaknya pengguna maka hal ini pun kerap di manfaatkan bagi para tidak kejahatan. Sehingga bisa di bilang untuk saat ini HP android menjadi barang berharga yang harus di jaga dari sisi keamanannya.

Mengapa HP Android menjadi barang berharga dan harus di jaga keamanannya? karen pada HP Android biasanya menyimpan banyak data pribadi penggunannya. Dengan sudah adanya beberapa kasus pencurian data ponsel android membuat kita seharusnya lebih bisa waspada dan harus tahu bagaimana cara mencegahnya.

Cara Mencegah Pencurian Data HP Android

Pada beberapa kasus pencurian data yang terjadi, ternyata di temukan berasal dari aplikasi yang telah di install penggunanya. Aplikasi tersebut diam-diam mencuri data pribadi yang tersimpan pada HP mereka. Maka dari itu mungkin di butuhkan sedikit pengetahuan agar bisa mencegah hal tersebut pada kita nantinya.

Baca Juga: Cara Tepat Merawat HP Baru Agar Awet

1. Perhatikan Setiap Izin Aplikasi Yang Dipasang

Untuk mencegah terjadinya pencurian data, sebaiknya ketika akan menginstall apk kita harus memperhatikan izin dari aplikasi tersebut, apakah ada permintaan akses izin yang mencurigakan terutama pada aplikasi yang di dapat dari luar atau yang tidak terdaftar di google playstore. Karena biasanya aplikasi tersebut sudah di modif dan di susupi script jahat.

Namun, jika memang kita sangat membutuhkan aplikasi tersebut dan tidak ada aplikasi yang serupa, kita bisa mencari tahu terlebih dahulu asal usulnya dan melakukan riset di mesin pencarian google tentang aplikasi tersebut dan perusahaan apa yang membuatnya. Dengan demikian kita akan tahu apakah aplikasi tersebut aman dan tidak terlibat dalam kasus pencurian data atau scamming.

2. Install Apk Hanya Dari Google Playstore 

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya hindari melakukan pengunduhan apk pada website, jika menemukan aplikasi yang di temukan pada sebuah website dan kalian menginginkannya maka sebaiknya kalian bisa keluar dari website tersebut dan coba mencarinya melalui google playstore, Jika kemudian menemukan apk yang serupa maka kalian bisa melakukan install hanya melalui playstore saja.

Walaupun memang di google playstore tidak semua aplikasi 100% dapat di percaya, setidaknya kemungkinan masih jauh lebih baik dari apk yang di temukan di website atau platform lainnya. Karena biasanya apk yang sudah masuk pada google playstore sudah di periksa kualitas dan standartnya.

3. Selalu Update Perangkat Lunak Yang Ada

Salah satu pencegahan yang bisa di lakukan adalah dengan selalu melakukan pembaharuan yang ada. Dengan melakukan update secara berkala tentu dapat membuat software berada di versi terbaru yang mungkin belum di miliki atau di modif oleh si peretas yang ingin mencuri data pribadi kita. Buatlah di pengaturan HP untuk update otomatis setiap ada pembaharuan.

Baca Juga: Solusi Tepat Mengatasi Aplikasi Android Berhenti Tiba-tiba

4. Menggunakan Fitur Kehilangan Dan Android Device Manager

Salah satu fitur bermanfaat yang bisa di gunakan untuk mencegah pencurian data pada ponsel android adalah Mode kehilangan dan Android Device Manager. Karena dengan mengaktifkan fitur mode kehilangan kalian bisa melakukan pengamanan pada ponsel android dari jarak jauh dan memungkinkan melakukan blocking pada pencuri yang ingin mengambil data pribadi kita.

Hal ini bisa di lakukan ketika HP kalian telah di curi oleh orang lain. Begitupun untuk fitur Android Device Manager dengan fitur ini kalian bisa mengetahui keberadaan lokasi ponsel yang telah di curi.

5. Warning! Jika Menggunakan Wifi Publik

Jika kalian sering menggunakan wifi publik yang berada di luar rumah atau bukan jaringan milik kita, sebaiknya kalian harus waspada. Hindari segala bentuk transaksi atau komunsikasi yang sifatnya penting apalagi menyangkut data pribadi.

Karena biasanya bisa saja HP yang kita gunakan sedang di tracking oleh pengguna wifi yang berada di satu jaringan dengan kita. Yang mungkin sedang melakukan tidak kejahatan untuk mencuri data pribadi kita yang tidak kita sadari.

Mungkin itulah 5 Cara Untuk Mencegah Pencurian Data Pribadi Pada Ponsel yang bisa kita lakukan. Jadi tetaplah waspada dan berhati-hati atas apapun yang terjadi di manapun kita berada.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *