Tugas Laporan Basis Data, Laporan Awal Dan Akhir | Laporan Ke 3

Tugas Laporan Basis Data, Laporan Awal Dan Akhir | Laporan Ke 3

Tugas Laporan Basis Data, Laporan Awal Dan Akhir | Laporan Ke 3. Isi dari laporan ke 3 biasanya berupa Tugas akhir kesimpulan pertemuan 2, 3, 4, 5, 6 dan tugas pendahuluan pertemuan 7, 8, 9, 10 di tambah dengan tugas praktikum.

TUGAS AKHIR KESIMPULAN PERTEMUAN 2

Di dalam database terdapat 2 system yang di gunakan yaitu, sistem Relasi dan tanpa relasi. RDBMS biasanya data-data di simpan dalam bentuk table-table yang di mana di tiap-tiap tabelnya terdapat korelasi atau hubungan antar tabelnya.

Sedangkan untuk system DBMS data-data biasanya di simpan dalam bentuk hierarchy atau dalam format yang dapat di navigasi atau dituju.

Untuk Melakukan Pengaksesan database dapat di lakukan dengan menggunakan CMD atau bisa juga menggunakan Software pihak ketiga untuk melakukan pengolahan. Namun untuk beberapa user lebih senang menggunakan browser sebagai pengelola databasenya, yaitu dengan menggunakan phpMyAdmin.

Di dalam database terdapat fitur untuk mengelola hak akses pengguna yaitu Previlleges User yang dapat di gunakan untuk memberikan hak akses user untuk mengelola dan membatasi hak-hak pengelolaanya.

Sedangkan untuk Grant di gunakan untuk memberikan hak-hak akses kepada table yang di definisikan kepada pemakainya. Sedangkan untuk menghapus atau mencabut hak akses dari seorang user, bisa menggunakan perintah Revoke pada database.

Baca Juga: Laporan Praktikum Basis Data Awal Pertemuan 2 | Laporan Ke 1

TUGAS AKHIR KESIMPULAN PERTEMUAN 3

Pada MYSQL terdapat feature Auto Inrement di mana auto Increment merupakan sebuah Field bertype data Integer dan dia akan otomatis bertambah nilainya jika terjadi penambahan row. Dalam kata lain fitur auto increment ini biasanya di gunakan utnuk membuat nomor urut otomatis.

Namun pada fitur auto increment ini terdapat sebuah kekurangan yaitu saaat terjadi penghapusan field pada table yang memiliki field auto increment. Maka nilai atau angka pada table auto increment tidak berkurang sebagaimana mestinya nomor urut, dia akan tetap. Misal data yang kita hapus adalah data row di nomor 2, maka nilai pada table auto increment akan menghapus nomor 2.

Akan tetapi tidak merubah nilai nomor 3 menjadi nomor 2, hal ini menyebabkan banyaknya field pada databse tidak sama banyaknya nilai pada field auto increment. Satu contoh kita mempunyai 5 field lalu kita hapus field nomor 5 atau terahir, dan kita akan menambah field lagi. Maka field yang di tambah tidak masuk ke nomor 5, akan tetapi masuk ke nomor 6.

Field sendiri merupakan unit terkecil dari database, yang berisi karakter. Selain terdapat fitur Auto Incremen, di dalam MYSQL juga terdapat field yang di mana field tersebut tidak boleh dengan field-field yang lainya, yaitu primary Key. PK ini bersifat unik dan di gunakan sebagai pembeda antar field.

Selain PK terdapat juga FK atau Forign Key. FK di gunakan untuk menggabungkan atau menghubungkan isi dari Field pada kolom lain menjadi isi dari Field yang menjadi FK (Forign Key).

Terdapat dua type data Himpunan yaitu ENUM dan SET. Perbedaan dari keduanya adalah saat di gunakan Himpunan ENUM kolom yang di definisikan hanya dapat memilih satu di antara pilihan String yang tersedia. Sedangkan untuk SET dapat memilih lebih dari satu pilihan String.

TUGAS AKHIR KESIMPULAN PERTEMUAN 4

Pada MYSQL terdapat Query atau sinaks – sintaks yang yang di gunakan untuk mengelola database, mulai dari Hapus data , menambah Data, Edit data, menambah kolom dan table dan juga yang lainya.

Salah satu syntak yang digunakan yaitua ALTER TABLE dimana ALTER TABLE di gunakan untuk memodifikasi struktur table baik itu merubah nama, merubah nama kolom, merubah type data, atau yang lainya.

Contoh Penggunaan Sintaks alter table adalah dengan mengetiikan ALTER TABLE nama_kolom OPERASI(ADD,MODIFY,DROP) nama_kolom :

  • Menambah Kolom >ALTER TABLE Nama_Tabel ADD Nama_Kolom typedata(panjang);
    • Contoh : ALTER TABLE mahasiswa ADD telepon int(20);
  • Merubah Kolom > ALTER TABLE Nama_Tabel MODIFY Nama_Kolom;
    • Contoh : ALTER TABLE mahasiswa MODIFY telepon telpon;
  • Hapus Kolom > ALTER TABLE Nama_Tabel DROP Nama_Kolom;
    • Contoh : ALTER TABLE mahasiswa DROP telpon;

TUGAS AKHIR KESIMPULAN PERTEMUAN 5

DML (Data Manipulation Language) adalah sekumpulan elemen sintaks atau Query yang di gunakan untuk memanipulasi data pada SQL, misalnya memilih, memasukkan, menghapus dan memperbarui data yang ada di dalam database.

Di dalam DML terdapat Syntak Untuk menambahkan data (INSERT INTO), Merubah Data (UPDATE INTO) dan Menghapus Data (DELETE FROM).

Perintah atau Syntak untuk menghapus data terdapat dua perintah yaitu DROP dan DELETE, DROP di gunakan untuk menghapus database Tabel dan Kolom, sedangkan DELETE di gunakan untuk Menghapus row atau isi dari kolom di dalam table.

TUGAS AKHIR KESIMPULAN PERTEMUAN 6

Salah satu Query atau Syntak yang di gunakan untuk menampilkan atau memilih data yang terdapat pada kolom di sebuah table yaitu perintah SELECT, Penggunaannya pun cukup mudah, kita tinggal mengetikkan SELECT nama_kolom FROM nama_Table.

Untuk memilih atau menampilkan semua isi atau data dari dalam kolom, kita bisa menggunakan fungsi karakter tanda bintang (*) .

Alasan mengapa data perlu di tampilkan untuk Mengetahui data apakah sudah terinput atau belum, kalau tidak di tampilkan maka bukan data namanya, Data kan memberikan GAMBARAN pada pembacanya.

TUGAS PENDAHULUAN PERTEMUAN 7 | Tugas Laporan Basis Data

1. Tuliskan dan jelaskan Deklarasi sintaks perintah where pada MySQL !

Sintaks where untuk menyeleksi seluruh data yang ingin di tampilkan dengan kriteria tertentu dapat menggunakan where.

  • SELECT * FROM nama_table WHERE nama_kolom = ‘kriteria yang ditampilkan’;

2. Sebutkan dan Jelaskan operator-operator matematika yang di pakai dalam MySQL!

(penjumlahan), – (pengurangan), * (perkalian), / (pembagian), % atau mod (sisa hasil bagi), div (pembagian integer).

3. Sebutkan dan Jelaskan operator-operator logika yang di pakai dalam MySQL!

< (kurang dari), > (lebih dari), <= (kurang dari sama dengan), >= (lebih dari sama dengan), = (sama dengan), <> atau != (tidak sama dengan).

4. Perintah apa saja yang di gunakan untuk menampilkan dua kondisi yang akan di tampilkan, jelaskan !

Pemberian kondisi adalah where yang di tuliskan setelah penulisan nama tabel pada perintah SQL.

Sintaks untuk penulisan kondisi pada perintah SQL:

  • select nama_kolom from nama_tabel where (kondisi):

Macam-macam kondisi dalam perintah SQL dapat di jelaskan sebagai berikut:

Perintah where dengan satu kondisi terdiri dari dua, yaitu setelah perintah where hendak di tampilkan data yang mengandung suatu karakter tertentu dan menggunakan ekspresi aritmatik, contohnya:

  • select * from peserta_diklat where nama_peserta = ‘Mohamad Yusup’;

Hasil dari perintah SQL diatas, di tampilkan data yang punya nama_peserta sama dengan Mohamad Yusup saja.

Perintah where dengan satu atau lebih kondisi berupa ekspresi AND dan OR

Ekspresi AND di gunakan bila semua kondisi harus terpenuhi, sedangkan OR bila hanya satu kondisi saja yang harus terpenuhi, contoh perintah SQL untuk menampilkan data dengan dua kondisi yang harus terpenuhi:

  • select * from peserta_diklat where kw1 = ‘obo’ and kpp like ‘%2%’;

Hasil dari perintah SQL diatas, di tampilkan data yang punya kw1 sama dengan obo dan kpp yang mengandung angka 2 yaitu 021 dan 022.

Contoh perintah SQL untuk menampilkan data dengan salah satu kondisi saja yang harus terpenuhi:

  • select * from peserta_diklat where kw1 =’010’ or kpp like ‘%7%’;

Hasil dari perintah SQL di atas, di tampilkan data yang punya kw1 sama dengan 010 atau kpp yang mengandung angka 7 yaitu 075.

TUGAS PENDAHULUAN PERTEMUAN 8 | Tugas Laporan Basis Data

1. Tuliskan dan jelaskan Deklarasi sintaks perintah between pada MySQL?

Sintaks between biasanya di gunakan pada SELECT statement di MySQL.

  • SELECT * FROM nama_table WHERE nama_kolom BETWEEN nilai_awal AND nilai_akhir;

2. Apakah fungsi perintah having dalam menampilkan data ?

Fungsi perintah having adalah untuk menentukan kondisi bagi group by, dimana kelompok yang memenuhi kondisi saja yang akan dihasilkan.

3. Sebutkan dan Jelaskan pengurutan data dalam Order by ?

Ascending (ASC), yaitu data yang di urutkan berdasarkan data dari yang terkecil ke data yang terbesar.

Descending (DESC), yaitu data yang di urutkan berdasarkan dari dari yang terbesar ke data yang terkecil.

4. Apa perbedaan dari like dan Not like ?

Jika operator like akan memunculkan data yang mengandung karakter tertentu yang akan di tampilkan, sedangkan operator not like tidak akan menampilkan data yang mengandung karakter tersebut.

Baca Juga: Laporan Awal Praktikum BasisData | Laporan Ke 2

TUGAS PENDAHULUAN PERTEMUAN 9 | Tugas Laporan Basis Data

1. Jelaskan perbedaan operator aritmatika dengan operator pembanding !

Operator Aritmatika adalah untuk memanipulasi data yang sifatnya sederhana. Seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Sedangkan operator pembanding adalah operator untuk membandingkan suatu nilai untuk di perbandingkan.

Operator ini biasanya di gunakan ketika kita ingin membuat perintah kondisional dalam sebuah program sebagai contohnya, ketika kita membuat sebuah perintah kondisional A>B, operator “>” befungsi untuk sebagi perbandingan antara nilai A dengan nilai B, di mana jika A lebih besar, perintah kondisional tersebut memiliki nilai true. Namun jika salah maka hasilnya akan false.

2. Jelaskan apa yang di maksud dengan distinct pada Mysql ! berikan contohnya !

Distinct adalah suatu perintah untuk memanipulasi tampilan hasil dari table.

  • Contoh: SELECT DISTINCT nama_kolom FROM nama_table;

3. Mengapa user memerlukan tampilan data dengan fungsi distinct ?

Karena distinct hanya mengeliminasi query yang unik, atau tidak sama di lihat secara baris perbaris.

4. Jelaskan apa yang di maksud dengan Fungsi Agregat pada MySql !

Fungsi Agregat adalah fungsi di dalam MySQL yang di gunakan untuk melakukan perhitungan pada query.

TUGAS PENDAHULUAN PERTEMUAN 10 | Tugas Laporan Basis Data

1. Apa yang di maksud dengan Join dalam MySQL ?

Join adalah penggabungan table yang di lakukan melalui kolom key tertentu yang memiliki nilai terkait untuk mendapatkan satu set data dengan informasi lengkap.

2. Jelaskan perbedaan dari Operasi Join INNER JOIN dan OUTER JOIN !

INNER JOIN menghasilkan kumpulan record dari 2 table atau lebih dengan nilai yang sama, nilai tersebut merupakan irisan yang terdapat pada table tersebut.

OUTER JOIN menghasilkan kumpulan record dari 2 table atau lebih, anggotanya adalah semua yang di miliki nilai sama ataupun tidak sama.

3. Jelaskan perbedaan dari Operasi Join UNION dan Subquery !

UNION menggabungkan beberapa perintah select hingga menghasilkan gabungan dari beberapa perintah select tersebut. Sedangkan Subquery adalah sebuah perintah yang memproses nilai dari hasil perintah yang lainnya.

4. Jelaskan perbedaan dari Operasi Join !

Perbedaan Operasi Join yaitu melakukan penggabungan data atau table dengan table yang lain sehingga saling melengkapi dan menjadi table yang baru.

Download dokumen word Tugas Laporan Basis Data : Link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker