Mengaktifkan Tag Header Robot Kustom Pada Blogger Agar Lebih SEO

Mengaktifkan Tag Header Robot Kustom Pada Blogger Agar Lebih SEO. Kali ini saya ingin coba sharing tentang bagaimana memaksimalkan sebuah blog khusunya di blogger agar lebih SEO. Yaitu dengan cara melakukan pengaturan sederhana dengan mengaktifkan tag header robot kustom.

Kita tahu bahwa ketika blogspot di buat melalui laman blogger. Setting tag header robot kustom ini biasanya akan secara default non aktif. Artinya kita harus melakukan pengaturan manual untuk mengaktifkannya. Biasanya tag header ini di aktifkan agar web blogspot lebih seo dan maksimal pada mesin pencarian google khususnya.

Dengan mengaktifkan tag header kustom pada blogger artinya sama saja dengan kita memberi petunjuk bagi robot crawl google. Sehingga nantinya robot google tersebut tahu, mana halaman yang harus di index dan mana yang tidak boleh di index.

Namun ini juga berbahaya jika di lakukan dengan cara sembarangan. Karena bisa terjadi malah membuat kekuatan seo dari web blogspot kita menjadi menurun. Maka dari itu sebelum melakukannya lebih baik memahami bagaimana cara kerjanya. Agar tidak terjadi kesalahan pada saat melakukan pengaturan pengaktifan tag header robot kustom ini.

Baca Juga: Begini Proses Verifikasi Google Adsense Sebelum Pencairan Gaji

Penjelasan Tentang 10 Tag Header Robot Kustom Yang Ada Pada Blogger (Blogspot)

Mengaktifkan Tag Header Robot Kustom Pada Blogger Agar Lebih SEO

1. all

all ini merupakan settingan default yang akan di berlakukan oleh blogger. Artinya setiap laman blog akan secara otomatis di crawl oleh robot google.

2. noindex

Jika memang kita menginginkan sebuah laman postingan blog atau page blogspot tidak ingin di index mesin penelusuran google. Dan memang sifatnya hanya ingin di nikmati secara pribadi maka bisa menggunakan tag noindex ini. Karena memang sifatnya untuk memberikan petunjuk pada robot agar tidak merayapinya.

3. nofollow

Mungkin kita pernah mendengar kata nofollow dan dofollow. nofollow memberikan petunjuk pada robot crawl untuk tidak merayapi setiap link yang ada di blog. Namun sebaliknya jika dofollow memberikan petunjuk untuk menyertakan perayapan pada setiap link yang ada di blog.

4. none

none ini bisa di katakan sebuah gabungan antara tag noindex dan tag nofollow. Artinya kita memberikan petunjuk pada robot untuk tidak mengindex laman melalui sebuah link.

5. noarchive

Tag ini berfungsi untuk mematikan versi cache blog pada mesin penelusuran google. Jika kita menemukan blog muncul bagian archive pada mesin pencarian, maka bisa menggunakan tag noarchive ini agar di matikan.

6. nosnippet

tag nosnippet berfungsi untuk tidak menampilakan sebuah cuplikan atau tayangan teks yang berada di postingan blog.

7. noodp

noondp atau biasa di kenal No Open Directory Project biasanya di gunakan untuk memberikan petunjuk pada robot untuk tidak menggunakan informasi dari sumber tertentu. Misalnya saja sebuah laman yang sudah usang dan tidak berlaku.

8. notranslate

Seperti namanya yang artinya sebuah fitur untuk mematikan dan mengaktifkan fitur translate pada blog.

9. noimageindex

Jika kita memberikan petujuk pada robot google untuk melakukan index gambar pada postingan, orang bisa mencuri gambar tersebut dan biasanya di gunakan pada blog mereka. Maka untuk mencegahnya kita bisa menggunakan atau menyimpan gambar deindexed menggunakan tag noimageindex.

10. unavailable_after

Ini sebuah tag petunjuk untuk robot google crawl agar tidak merayapi web atau blog kita pada waktu yang sudah di tentukan.

Baca Juga: Trafik Gratis Dari Website Untuk Meningkatkan Visitor

Terbaru Begini Cara Setting Tag Header Robot Kustom Pada Blogger Agar Lebih SEO

Setelah kita mengetahui berbagai kegunaan pada 10 tag header robot kustom yang ada di blogger. Saat nya kini kita menerapkan atau melakukan pengaturan pada blog atau website blogspot kita. Ikuti langkah-langkah berikut!

1. Silakan login ke dashboar blogger

2. Kemudian menuju ke Setelan >> cari menu Crawler dan pengindeksan

3. Maka kita akan menemukan “Aktifkan tag header robot kustom” dan biasanya secara default akan non aktif

4. Silakan aktifkan, kemudian pilih “Tag halaman Beranda“, maka akan muncul menu Tag robot kustom untuk halaman beranda. Silakan aktifkan tag all dan noodp >> simpan.

5. Lanjut bagian “Tag arsip dan halaman penelusuran“, silakan aktifkan tag noindex dan tag noodp >> simpan.

6. Terakhir bagian “Tag postingan dan halaman“, aktifkan tag all dan tag noodp >> simpan.

7. Bisa di lihat hasil akhirnya pada gambar di bawah ini!

Terbaru Begini Cara Setting Tag Header Robot Kustom Pada Blogger Agar Lebih SEO

Penerapan Tag Header Robot Kustom pada blogger selain berfungsi untuk memberikan petujuk pada robot google dalam merayapi laman. Bisa juga sebagai solusi ketika blog kita mengalami duplikat judul, deskripsi tidak penting, label, yang mungkin sifatnya tidak penting agar tidak di index oleh google.

Itulah penjelasan atau sharing tentang cara terbaru bagaimana melakukan pengaturan pada tag header robot kustom di blogger/blogspot agar lebih bisa seo di mata google dan mesin penelusuran lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button