Solusi MENGISI BATERAI HP Yang Terlalu Lama Penuh

Solusi MENGISI BATERAI HP Yang Terlalu Lama Penuh

Solusi Mengisi Baterai HP Yang Terlalu Lama Penuh – Mungkin saat ini HP menjadi salah satu barang yang selalu kita gunakan setiap harinya. Sehingga baterai pun setiap hari harus selalu kita charger. Agar ketika di gunakan HP aman dari lowbat, apalagi jika di gunakan untuk multi tasking dengan tingkatan mobilitas yang tinggi. Daya baterai sudah pasti akan habis dengan sangat cepat.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika akan melakukan pengisian daya baterai terkadang membutuhkan waktu yang lama agar baterai kembali terisi. Sedangkan HP tersebut sudah pasti selalu kita butuhkan setiap detiknya. Sehingga yang terjadi adalah kita menggunakan HP sambil melakukan charger yang sebenarnya mempunyai banyak dampak buruk ketika di lakukan.

Untuk saat ini mungkin beberapa HP sudah di sematkan system dengan pengisian daya cepat atau “fast charging”, selain itu ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pengisian daya baterai yang lambat.

Baca Juga: Solusi Tepat Mengatasi Aplikasi Android Berhenti Tiba-tiba

Cara Mengisi Daya Baterai Agar Lebih Cepat Penuh

Baterai sendiri menjadi komponen penting bagi HP, karena tanpa adanya daya atau baterai HP tidak akan bisa menyala untuk digunakan. Maka dari itu pentingnya untuk selalu merawat kinerja dari baterai.

1. Hentikan Semua Aplikasi Yang Berjalan

Agar daya baterai bisa cepat terisi, pada saat melakukan charger sebaiknya kita hentikan pengguaan semua aplikasi yang berjalan. Karena biasanya pada beberapa ponsel ada yang mendukung sebuh fitur otomatis pengguaan aplikasi yang berjalan secara latar belakang. Sehingga adanya beberapa aplikasi yang sedang berjalan walaupun seadang tidak kita buka dan tampil di screen depan layar HP.

Untuk mengetahuinya kita bisa melihat mana saja aplikasi yang berjalan latar belakang melalui pengaturan HP.  Jika sudah kita temukan aplikasi mana saja yang sedang berjalan. Kita bisa melakukan disable pada aplikasi-aplikasi tersebut sehingga pengisian daya baterai pun akan lebih cepat.

2. Selalu Gunakan Charger Asli

Mungkin banyak sekali orang yang tidak menyadari telah menggunakan charger KW atau bahkan membelinya karena di rasa harganya yang cukup murah. Padahal menggunakan charger KW adalah hal yang buruk untuk di lakukan dalam melakukan pengisian baterai HP. Hal tersebut akan mempengaruhi ketahanan baterai HP jadi sebisa mungkin selalu gunakan charger yang asli untuk melakukan pengisian daya baterai.

Charger asli akan lebih bisa mensupport pengisian baterai dengan tipe HP yang sesuai. Misalkan pada sisi volt atau amper akan di buat menyesuaikan dengan ukuran smartphone tersebut. Sehingga dengan adanya konfigurasi yang pas pada charger akan lebih memaksimalkan pengisian baterai dan lebih meminimalisir panas yang timbul ketika melakukan charger pada ponsel.

3. Jika Tidak Di Gunakan, Matikan Jaringan Internet Sementara

Baterai akan lebih cepat terisi penuh jika HP tidak sedang di gunakan untuk hal apapun. Dan jika memang ponsel yang sedang di carger tidak di gunakan sebaiknya matikan juga jaringan internetnya untuk sementara saat proses charger agar pengisian daya lebih maksimal.

Karena biasanya pada saat data internet menyala konsumsi daya baterai pun akan sangat tinggi. Inilah yang menyebabkan proses pengisian akan kurang efektif jika data internet tidak di matikan terlebih dahulu, namun cara ini tidak cocok buat kalian yang membutuhkan koneksi internet secara real time.

4. Menurunkan Kontras Layar 

Agar pengisian daya baterai ponsel bisa lebih cepat, ketika melakukan charger sebaiknya kita menurunkan terlebih dahulu tingkat kontras layar ponsel tersebut. Karena biasanya semakin tinggi kontras layar yang di gunakan maka semakin tinggi juga konsumsi daya baterai yang di gunakan. Inilah yang membuat HP akan terasa lama pengisian baterainya ketika di lakukan charger.

Jadi usahakan untuk menurunkan kontras layar atau meredupkan pencahayaan pada HP ketika di lakukan charger agar pengisian lebih bisa maksimal dan perform baterai pun akan lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga: Cara Memilih Charger HP Yang Berkualitas

5. Tetapkan Rasio Baterai 40% Sampai 80%

Jika kita ingin perform baterai tetap dalam keadaan yang baik maka salah satu hal yang perlu di lakukan adalah selalu menjaga dan memperhatikan tingkat rasio keadaan baterai HP tersebut. Semisal jika baterai HP sudah mencapai rasio 40% cobalah untuk membiasakan untuk melakukan charger baterai terlebih dahulu. 

Kemudian ketika pengisian daya baterai sudah mencapai 80% atau maksimal 90% segera sudahi proses charger baterai ponsel tersebut. Usahakan juga tidak sampai 100%, karena melakukan pengisian baterai dalam kondisi full hingga mencapai 100% bukanlah hal yang baik.

Menjaga rasio seperti ini membuat siklus baterai pada ponsel akan menjadi lebih lama dan hal ini sudah diakui bahwa dapat juga menambah ketahanan baterai ponsel akan lebih awet.

Solusi MENGISI BATERAI HP Yang Terlalu Lama Penuh diatas mungkin sangat mudah untuk di terapkan oleh kita semua, silakan mencoba untuk diterapkan, semoga bisa membantu.

Solusi MENGISI BATERAI HP Yang Terlalu Lama Penuh
Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *